Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

Audi e-tron Scooter, Perpaduan Skateboard dan Skuter Listrik

Blog Single

Audi E-tron merupakan keluarga kendaraan elektrik dan hybrid (termasuk tipe konsep) yang Audi perkenalkan sejak tahun 2009. Lini mobil ini terdiri dari bermacam-macam model: sedan, sports utility vehicle, hingga coupe. Perusahaan otomotif asal Jerman itu juga baru melepas SUV crossover E-tron di bulan Mei 2019 kemarin yang menjadi mobil bermesin listrik mass production pertama mereka.

Namun konsep alat transportasi elektrik besutan Audi tidak cuma bisa ditemukan pada kendaraan bermotor ‘konvensional’ saja. Belum lama ini mereka menyingkap alat transportasi bertenaga listrik dengan branding E-tron yang memiliki wujud seperti papan luncur. Dinamai E-tron Scooter, kendaraan unik ini dapat jadi alternatif ramah lingkungan andaikan varian SUV-nya masih sulit dijangkau oleh isi dompet.

Seakan tak ingin ketinggalan dengan tren skuter elektrik, Audi ikut meluncurkan perangkat serupa yang disebut Audi e-tron Scooter. Bedanya, Audi coba menggabungkan desain skuter elektrik dan skateboard.

E-tron Scooter bisa diibaratkan sebagai perpaduan antara skateboard dan otopet yang ditenagai motor listrik. Kendaraan mempunyai bagian ‘papan’ untuk tempat Anda berdiri, tersambung ke setang buat menginstirahatkan kedua tangan, dan melaju via empat buah roda. Menariknya meski ia mempunyai wujud seperti skuter, proses pengendalian dilakukan dengan memindahkan berat tubuh Anda ke kanan atau kiri – mirip papan luncur.

Para pengguna dapat mengendalikan skuter elektrik ini seperti layaknya sebuah skateboard. Mereka dapat bebas mengendarainya hanya dengan satu tangan memegang setang, karena kontrol sepenuhnya berada di bagian kaki.

Skuter elektrik ini memiliki bobot sekitar 12 kg. Bentuknya yang dapat dilipat, memudahkan pengguna untuk menyimpannya tanpa memakan banyak ruang.

Tentu saja Audi juga tak melupakan pernak-pernik penting seperti pencahayaan. Audi e-tron Scooter dilengkapi dengan beragam lampu LED:  lampu utama, lampu siang, lampu belakang dan lampu rem. Pada bagian kemudi terdapat layar yang menampilkan status indikator baterai. Segala macam pengaturan bisa dilakukan via smartphone, terhubung ke E-tron Scooter melalui sambungan Bluetooth.

Disebutkan bahwa skuter elektrik ini mampu melaju hingga sejauh 20km. Sementara untuk kecepatannya sanggup menembus angka 19kpj. Uniknya, alat ini ditunjang oleh sistem yang mampu mengubah momentum pengereman menjadi energi kinetik. Selain itu, terdapat pula sistem rem kaki hidraulis sebagai tambahan fitur keamanan. Unit baterai diposisikan di bagian setang. Skuter elektrik ini dapat mengisi daya dalam bagasi mobil dengan menggunakan soket khusus. Rencananya Audi akan mulai masa produksi dan penjualan skuter elektrik ini pada akhir tahun 2020.

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"