Baca Artikel

Kategori: Info Teknologi

6 Trik Apabila Smartphone Tidak Mau Terisi Daya

Blog Single

Smartphone kini telah menjadi perangkat yang selalu menemani setiap aktivitas kita sehari-hari. Terkadang kita tidak sadar bahwa kita menggunakan smartphone tanpa henti. Tentu menjadi hal yang wajar, mengingat segala hal dapat dilakukan di smartphone. Misalnya saja, chatting, mengirim email, dan menonton film bahkan bermain game. Jika daya baterai tidak mau terisi meskipun sudah di-charge, artinya baterai smartphone benar-benar habis. Bagaimana cara mengatasinya?, dikutip dari situs www.tekno.liputan6.com tanggal 28 Mei 2017, mari kita simak enam (6) trik berikut ini untuk mengatasi smartphone kamu yang tidak mau menyala berikut ini :

1.    Restart Ponsel

Mematikan dan menghidupkan kembali atau restart ponsel merupakan salah satu langkah yang pertama yang cukup efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Bisa jadi smartphone kamu tidak mau mengisi daya karena cache bertumpuk.

 2.    Kalibrasi Baterai Smartphone Kamu.

Apakah kamu pernah mengalami saat baterai ponselmu tiba – tiba bertambah setelah di-restart? Artinya, baterai meter pada smartphone kamu mengalami masalah. Untuk itu, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai untuk menstimulasinya agar kembali ke siklus awal.

 3.    Mengecek Adapter Charger, Apakah Masih Berfungsi atau tidak ?

Selain langkah-langkah sebelumnya, kamu dapat juga mengecek adapter charger ponselmu. Smartphone yang tidak mau mengisi daya biasanya sering terjadi karena adapter charger yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebaiknya gunakan adapter yang merupakan bawaan dari smartphone milik kamu. Dapat juga kamu cek  adapter charger smartphone kamu dengan kita coba untuk mencharger smartphone lain, apabila baterai smartphone itu tidak dapat terisi juga mungkin charger kamu mengalami kerusakan.

 4.    Mengecek Port USB Smartphone Kamu

Port USB umumnya menjadi pokok masalah smartphone kamu tidak terisi daya. Port USB berpotensi rusak apabila kamu terlalu cepat mencabut kabel. Apabila port USB longgar, kamu bisa mendorong kabel charger-mu dengan benda kecil, seperti tusuk gigi atau lidi. Biasakan pula untuk membersihkan port USB agar tidak berdebu.

 5.    Mengecek Sumber Daya dan Baterai

Kamu harus memastikan sumber daya untuk mengisi baterai smartphone juga memadai. Apabila dayanya lebih rendah dari daya di adapter kamu, smartphone kamu tidak akan terisi. Juga kamu mengecek baterai kamu apakah baterai mengalami “Drop” atau tidak. Kita bisa mencari sumber daya lain untuk mencharger serta mengganti baterai baru untuk smartphone kita.

 6.     Memakai Dekstop Charger

Ada cara lain yang dapat kamu coba untuk mengatasi hal ini, yakni memakai dekstop charger. Masih ingat kan dengan tipe charger ini? Ya, charger ini dapat mengalirkan daya dengan menjepit baterai smartphone kamu. Dengan catatan, smartphone kamu mendukung baterai yang dapat dilepas. 

Bagikan Artikel:

"Change and Moving Forward with Technology"